Mahasiswa KKN UNILA Adakan Pelatihan Budidaya Lele Akuaponik dan Pembuatan Kompos Organik

  • 26 January 2020
  • Dibaca: Pengunjung
http://gedungdalem-lampungtimur.desa.id/assets/images/sedang/41b1c-img_20200126_104238.jpg

Minggu (26/01), Mahasiswa KKN Unila adakan pelatihan pembudidayaan lele akuaponik dan pembuatan kompos dari sampah organik di pelataran posko. Sebelumnya, tim KKN telah menyelenggarakan penyuluhan dan penyampaian teori di balai pertemuan pada hari kamis. Keduanya berlangsung dengan penuh antusias dilihat dari banyaknya warga yang datang menyaksikan sekaligus mempraktikkan.

Budidaya lele akuaponik merupakan salah satu teknik beternak lele yang praktis karena menggunakan media ember yang tentunya tidak memakan banyak tempat. Selain bisa beternak lele, masyarakat juga bisa menanam tanaman akuaponik seperti kangkung, bayam, cabai, dan sebagainya di pinggiran permukaan ember. Satu ember dapat diisi oleh sekitar 70 ekor lele dan dapat dipanen sekitar 3 bulan.

Sementara itu, pembuatan kompos dari sampah organik memanfaatkan sampah dedaunan kering yang banyak berserak di pekarangan rumah warga. Dibandingkan hanya menjadi sekedar sampah, mahasiswa KKN mengolahnya menjadi kompos organik yang baik untuk pertanian sebab kondisi kompos yang relatif stabil dan mudah dibuat.